PEMBELAJARAN VOCABULARY DENGAN MENGGUNAKAN IBRA CARDS
PEMBELAJARAN VOCABULARY DENGAN MENGGUNAKAN IBRA CARDS
Oleh Bunayah
Selasa, 27 Oktober 2015
Seorang guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam pengajarannya. Sebagai guru bahasa Inggris, saya berusaha untuk melakukan
berbagai cara agar anak-anak didik saya tidak merasa bosan dan bersuka cita
dalam belajar bahasa Inggris khususnya dalam pembelajaran kosa kata (
Vocabulary). Ada banyak cara dalam pembelajaran kosakata ( Vocabulary ) dalam
hal ini saya akan membahas pembelajaran kosa kata yang memiliki padanan kata (Sinonim/Synonym)
dan lawan kata (Antonim/Antonym) yaitu dengan menggunakan media Ibra Card.
Apa itu Ibra Card? Ibra card yaitu
sebuah media yang berupa kartu dengan berbagai kosa kata di dalamnya. Ide ini
muncul ketika saya teringat dengan masa kecil saya dahulu yang suka bermain
kartu Ibra nama permainannya yaitu Ibra-ibranan. Kartu Ibra ini dibuat dengan
menggunakan kardus sebagai alasnya dan berbagai boks pembungkus macam nama-nama merk dagang
yang ditempelkan di dalamnya. Cara permainannya yaitu setiap anggota diberi
minimal 5 kartu, kemudian sisa kartu dibuka. Jika ada yang gambar yang sama
dengan kartu yang dipegang pemain maka kartu menjadi berkurang. Yang kalah yang
terakhir kartunya berkurang. Dengan permainan itulah saya terapkan dalam
pengajaran kosa kata (vocabulary) khususnya kosa kata yang memiliki padanan kata
(Sinonim/Synonym) dan lawan kata (Antonim/Antonym). Aturan mainnya sama
dengan aturan main Ibra-ibranan, namun nama-nama merk dagangnya saya
ganti dengan kosa kata padanan kata dan lawan kata dan juga saya beri daftar
kata Sinonim dan Antonim guna memperlancar permainan kartu Ibra ini. Siswa yang
menang adalah siswa yang cepat berkurang kartunya.
Pembelajaran kosa kata dengan
menggunakan media kartu Ibra ini telah saya terapkan 3 tahun yang lalu di SMA
Daaru Ulil Albaab Warureja Tegal Jawa Tengah. menurut saya pengajaran dengan
media ini sangat bermanfaat sekali bagi saya dan anak-anak, disamping siswa
dengan mudah dan cepat menguasai kosa kata bahasa Inggris ( tidak perlu
menghafal ), juga para siswa benar-benar aktif dan dapat bersenang-senang serta bisa menikmati
dan merespon pembelajarannya tanpa harus terbebani dengan pembelajaran yang bersifat teacher centre.
SEMOGA
BERMANFAAT
Komentar
Posting Komentar