PEMBELAJARAN VOCABULARY DENGAN MENGGUNAKAN IBRA CARDS


PEMBELAJARAN VOCABULARY DENGAN MENGGUNAKAN IBRA CARDS
Oleh Bunayah
Selasa, 27 Oktober 2015
Seorang guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam pengajarannya. Sebagai guru bahasa Inggris, saya berusaha untuk melakukan berbagai cara agar anak-anak didik saya tidak merasa bosan dan bersuka cita dalam belajar bahasa Inggris khususnya dalam pembelajaran kosa kata ( Vocabulary). Ada banyak cara dalam pembelajaran kosakata ( Vocabulary ) dalam hal ini saya akan membahas pembelajaran kosa  kata yang memiliki padanan kata (Sinonim/Synonym) dan lawan kata (Antonim/Antonym) yaitu dengan menggunakan media Ibra Card.
Apa itu Ibra Card? Ibra card yaitu sebuah media yang berupa kartu dengan berbagai kosa kata di dalamnya. Ide ini muncul ketika saya teringat dengan masa kecil saya dahulu yang suka bermain kartu Ibra nama permainannya yaitu Ibra-ibranan. Kartu Ibra ini dibuat dengan menggunakan kardus sebagai alasnya dan  berbagai boks pembungkus macam nama-nama merk dagang yang ditempelkan di dalamnya. Cara permainannya yaitu setiap anggota diberi minimal 5 kartu, kemudian sisa kartu dibuka. Jika ada yang gambar yang sama dengan kartu yang dipegang pemain maka kartu menjadi berkurang. Yang kalah yang terakhir kartunya berkurang. Dengan permainan itulah saya terapkan dalam pengajaran kosa kata (vocabulary) khususnya kosa  kata yang memiliki padanan kata (Sinonim/Synonym) dan lawan kata (Antonim/Antonym). Aturan  mainnya sama  dengan aturan main Ibra-ibranan, namun nama-nama merk dagangnya saya ganti dengan kosa kata padanan kata dan lawan kata dan juga saya beri daftar kata Sinonim dan Antonim guna memperlancar permainan kartu Ibra ini. Siswa yang menang adalah siswa yang cepat berkurang kartunya.
Pembelajaran kosa kata dengan menggunakan media kartu Ibra ini telah saya terapkan 3 tahun yang lalu di SMA Daaru Ulil Albaab Warureja Tegal Jawa Tengah. menurut saya pengajaran dengan media ini sangat bermanfaat sekali bagi saya dan anak-anak, disamping siswa dengan mudah dan cepat menguasai kosa kata bahasa Inggris ( tidak perlu menghafal ), juga para siswa benar-benar aktif dan  dapat bersenang-senang serta bisa menikmati dan merespon pembelajarannya tanpa harus terbebani dengan  pembelajaran yang bersifat teacher centre.
SEMOGA BERMANFAAT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR PRONUNCIATION DENGAN MENGGUNAKAN MAKHORIJUL HURUF

SOME EXERCISES OF VARIOUS EXPRESSIONS

BELAJAR MENJADI IDOLA ANAK-ANAK